Tutorial WordPress Dari ebsoft.web.id

Belajar membuat blog/web dengan mudah menggunakan wordpress

Saat ini pembuatan blog atau web site terbilang cukup mudah, hal ini karena adanya suatu sistem yang disebut Content Management System (CMS), yang bisa dikatakan sebagai template web site. Dengan CMS kita tinggal mengupload (copy) CMS ini ke server, menginstallnya setelah selesai tinggal masuk ke administrator untuk mengatur dan mengisi artikel yang diinginkan. Banyaknya CMS opensource yang tersedia kadang membuat kita bingung untuk memilihnya. Tetapi jika masih awam dengan CMS, apalagi belum banyak tahu tentang web programming seperti saya, maka sebaiknya memilih yang sederhana dan mudah, seperti wordpress.

wordpress login

Jika para blogger / pengguna wordpress ditanya mengapa kok menggunakan wordpress? Mungkin sebagian akan menjawab karena kemudahannya dan konfigurasi yang relatif sederhana. Bagi pengguna awal biasanya tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menguasai dan memahaminya. Sederhana bukan berarti minim fasilitas. Memang fasilitas bawaan wordpress sendiri mungkin masih belum mencukupi jika anda ingin web dengan berbagai fasilitas yang wah, tetapi dengan besarnya komunitas dan dukungan plugins yang begitu banyak, kita tinggal menambahkan fasilitas apa yang diinginkan. Mulai dari  konfigurasi administrasi, statistik, forum, iklan, artikel, kalender, dan sebagainya.

Bagaimana belajar membuat blog/web site dengan wordpress secara off-line ? Untuk melakukan hal itu diperlukan beberapa komponen yaitu : Apache ( berfungsi sebagai server ), MySQL (Database) dan PHP (bahasa pemrograman web). Coba ikuti langkah-langkah berikut :

A. Menginstall Apache, MySQL dan PHP

  1. Download Apache dan MySQL dalam satu paket Apache friends yaitu xampplite (basic package) dari situs www.apachefriends.org, www.xampp.org atau dari http://sourceforge.net (ukuran sekitar 46 MB) yang bentuk zip atau exe (diinstall terlebih dulu). Untuk mudahnya pilih saja yang zip.
  2. Extract xampplite ke drive yang diinginkan, misalnya C:\xampplite ( memerlukan space hardisk sekitar 115 MB ). Jika download yang exe, install terlebih dahulu.
  3. Untuk mengetest apakan xampplite berhasil, buka folder C:\xampplite, jalankan xampp-control.exe dan klik start di baris Apache dan MySql, tunggu sampai ada tanda
    bahwa keduanya berjalan dengan keterangan tulisan running.

    xampplite control

  4. Setelah keduanya berjalan ( ada keterangan running ) kemudian buka web browser anda ( mozilla firefox atau internet explorer ) dan ketikkan localhost lalu tekan enter. Maka jika instalasi berhasil akan ditampilkan pesan :
    Welcome to XAMPP for Windows Version …..
    Congratulations:
    You successfully installed XAMPP on this system!

    xampplite success

B. Menginstall WordPress

  1. Download wordpress terbaru dari alamat resmi wordpress, yaitu : http://wordpress.org, atau langsung download file ini http://wordpress.org/latest.zip ( terkadang tidak bisa download dengan download manager seperti flashget, DAP, IDM dan sebagainya, jadi gunakan saja download standard bawaan browser, misalnya dengan klik kanan dan pilih menu Save As.. atau Save Link As.. ukuran sekitar 1 MB ).
  2. Extract latest.zip tersebut di folder htdocs, dari langkah diatas berarti di folder  C:\xampplite\htdocs ( copykan file latest.zip ke folder htdocs, kemudian klik kanan dan pilih extract here dengan  program 7zip, Winzip atau Winrar), akan dihasilkan folder wordpress yang berisi tiga folder, yaitu : wp-admin, wp-content dan wp-includes . Juga beberapa file *.php lainnya.
  3. Folder wordpress itulah yang nantinya menjadi nama web yang akan dibuka melalui URL, sehingga bisa kita rename terlebih dahulu, misalnya dari wordpress di ganti menjadi ebsoft sehingga kita nanti membuka web lokal kita dengan mengetikkan http://localhost/ebsoft ( tapi hal itu nanti ).
  4. Agar bisa dijalankan, maka wordpress harus diinstall terlebih dulu. Sebelumnya ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan ( pastikan Apache dan MySQL telah dijalankan, seperti langkah A nomor 3 diatas )
    1. Buka browser dan ketik localhost, kemudian pilih menu sebelah kiri bagian bawah phpMyAdmin ( atau langsung ketikkan di alamat browser http://localhost/phpmyadmin/
    2. Buat database baru dengan mengetikkan nama database di bawah keterangan Create new database, misalnya ebsoftdb kemudian klik Create.
  5. Setelah berhasil dibuat database baru, buka file wp-config-sample.php ( di folder C:\xampplite\htdocs\ebsoft ) dengan text editor seperti Notepad, dan ubah
    datanya seperti berikut ( ini berdasarkan langkah diatas ) : putyourdbnamehere diganti ebsoftdb ( nama database
    yang telah dibuat sebelumnya ) lalu usernamehere diganti root dan hapus text yourpasswordhere sehingga tinggal titik dua (”), kemudian simpan dan close.
  6. Ubah nama file  wp-config-sample.php menjadi wp-config.php .
  7. Langkah selanjutnya menginstall wordpress. Buka web browser kemudian isikan alamat URL : http://localhost/ebsoft/wp-admin/install.php akan
    ditampilkan tampilan welcome oleh wordpress.

    wordpress welcome

  8. Isikan Blog Title dan alamat email, kemudian klik Install WordPress >>
  9. Jika berhasil akan ditampilkan tampilan wordpress, success! Dan ingat password yang tampil , atau catat.

    wordpress success

  10. Untuk memulai pengaturan, mengisi artikel dan sebagainya, bisa langsung masuk ke admin panel, dengan mengklik link log in ( dari tampilan sebelumnya) atau wp-login.php. Atau bisa juga langsung mengetikkan alamat http://localhost/ebsoft/wp-login.php di web browser.

    wordpress login

  11. Ketikkan username : admin dan isikan password yang tampil sebelumnya, kemudian klik login>>
  12. Selesai… selanjutnya kita dapat mulai menulis artikel, menjelajahi dan mempelajari menu-menunya, jangan lupa mengganti passwordnya melalui menu User dan klik edit untuk username admin.

    wordpress admin

Semoga bermanfaat ( http://ebsoft.web.id )

Copy by Mr. Suyadi ATB MANPS from: http://ebsoft.web.id/2008/01/12/belajar-membuat-blogweb-dengan-mudah-menggunakan-wordpress/#more-181  at Saturday, 12 February 2010, 11:30 am.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s