Mahasiswa Semarang Bikin Tahu Tertinggi di Dunia

Yayasan MURI menyerahkan piagam rekor kepada pihak Akademi Kesejahtraan Sosial Ibu Kartini, Semarang, Jawa Tengah, yang telah membuat tahu tertinggi di dunia, Sabtu (20/2). (Foto: Thomas Joko/Koran SI)

SEMARANG – Mahasiswa Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu Kartini, Semarang, memprakarsai rekor dunia berupa gunungan (tumpeng) yang terbuat dari tahu pong.

Tak tanggung-tanggung, tumpeng tahu pong ini tingginya 4,3 meter dengan keliling 6,54 meter. Rekor fantastis ini akhirnya tecatat pada rekor MURI dengan No. 4158/R.MURI/2010.

Paulus Pangka, Senior Manajer MURI, mengatakan bahwa AKS Ibu Kartini telah menciptakan rekor dunia baru.

“Ini rekor dunia. Satu-satunya gunungan yang terbuat dari tahu pong hanya ada di Semarang,” kata Paulus Pangka, Sabtu (20/2/2010).

Rekor tahu pong tertinggi didunia ini mulai dibuat pada Jumat kemarin pukul 21.00 WIB hingga hari ini pukul 07.30 WIB, oleh seluruh mahasiswa Jurusan Tata Boga, Semester I. Gunungan raksasa ini terbuat dari 7000 buah tahu pong.

Menurut Diah Listyarini, Direktur AKS Ibu Kartini, pencetakan rekor MURI ini bukanlah target utama. Yang paling diutamakan dalam kegiatan ini adalah pelestarian dan kampanye cinta makanan khas Kota Semarang.

“Kami ingin menonjolkan kuliner Semarang sehingga warga setempat suka dan cinta makanan khas daerahnya. Jadi tujuan utamanya bukan membuat rekor,” jelas Diah.

Tahu pong merupakan makanan khas Kota Semarang selain lumpia, bandeng presto, dan wingko babad. Tahu ini rasanya sangat empuk namun dibagian tengahnya berongga.

Gunungan tahu pong tertinggi di dunia itu dibuat dalam rangka 25 tahun AKS Ibu Kartini Semarang.

copy-paste dari: http://news.okezone.com/read/2010/02/20/340/305590/mahasiswa-semarang-bikin-tahu-tertinggi-di-dunia

2 thoughts on “Mahasiswa Semarang Bikin Tahu Tertinggi di Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s