Cinta Seekor Bangau Tak Terhalang Oleh Jarak

ZAGREB, KOMPAS.com — Cinta sejati yang sering dilambangkan pasangan bangau ternyata bukan isapan jempol. Surat kabar Jutarnji List di Kroasia melaporkan cerita seekor bangau jantan yang rela bolak-balik terbang dari Afrika Selatan ke Kroasia setiap tahun sebagai bukti bahwa jarak bukan penghalang untuk setia kepada pasangannya.

Setiap tahun, bangau jantan yang diberi nama Rodan itu terbang untuk menempuh jarak ribuan kilometer untuk pulang dan menemui pasangannya yang cacat di satu desa di Kroasia. Ini adalah tahun kelima berturut-turut bangau tersebut melakukan perjalanan luar biasa itu dengan menempuh jarak 13.000 kilometer dari Afrika Selatan ke Desa Brodski Varos di bagian timur Kroasia.

“Tahun ini ia datang agak lebih awal,” kata Stjepan Vokic yang merawat bangau betina yang diberi nama Malena. Ia mengatakan, bangau betina itu tak dapat terbang sejak beberapa pemburu menembak sayapnya. Vokic mengatakan, saat tiba Rodan kelihatan agak kelelahan.

Pasangan bangau tersebut telah memiliki beberapa anak. Setiap tahun, Rodan datang untuk mengajarkan terbang anak-anak mereka karena Malena tak dapat melakukannya. Tahun ini diperkirakan takkan berbeda. Pada Agustus, Rodan dan anaknya yang beranjak dewasa mulai mempersiapkan perjalanan jauh mereka menuju musim dingin di Afrika Selatan. Sementara Malena tetap tinggal di Brodski Varos sampai kembalinya pasangannya pada musim semi.

Copy-paste by mr. suyadi atb manps from:
http://internasional.kompas.com/read/2010/03/26/09182774/Cinta.Sejati.Seekor.Bangau.Pun.Tak.Terhalang.Jarak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s